Lompat ke isi utama
1

Personel TNI/Polri dan Ormas Gelar Apel Skala Besar Dalam Rangka Pengamanan Perayaan Hari Paskah Tahun 2021 Kab. Manokwari

Bertempat di Lapangan Borasi Personel Gabungan TNI/Polri, Jajaran Kodam 18 Kasuari Papua barat., Polda Papua Barat., Sat Brimob Polda Papua Barat Dan Polres Manokwari Serta Berbagai Elemen Organisasi Masyarakat (Ormas) melakukan apel berskala Besar dalam rangka Pengamanan Perayaan Hari Paskah Umat Kristiani tahun 2021 di Kabupaten Manokwari., Kamis (1/4/2021).

2
Pengecekan Pasukan

Memberikan rasa aman kepada masyarakat khususnya umat Kristiani di Papua Barat Kabupaten Manokwari dalam merayakan Paskah Kristus tahun 2021 ini, ratusan personil gabungan TNI/Polri serta Organisasi Masyarakat (Ormas) berkolaborasi untuk menjaga kondusifitas keamanan saat beribadah, Pelaksanaan Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Tornagogo Sihombing dan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI. I Nyoman Cantiasa.,

Dalam arahannya Kapolda Papua Barat mengingatkan Kepada seluruh personil untuk melaksanakan pengamanan dengan maksimal. Bahwasanya ditengah pandemik Covid-19, ternyata ada ancaman/ganguuan Nyata aksi terorisme yang telah mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat secara nasional bahkan hingga ke daerah-daerah.

3

Ini semata-mata kata Kapolda, untuk memberi jaminan kemanan khususnya bagi umat beragama yang akan melaksanakan hari besar keagamaan yakni perayaan paskah. Untuk wilayah Manokwari Terdapat Beberapa gereja yang Melakukan Giat Ibadah Perayaan Paskah menjadi prioritas dalam pengamanan kali ini.

“Kita harus maksimal agar umat Kristiani dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman,” tandas Irjen Pol. Tornagogo Sihombing

“Tentu kali ini kita harus waspadai di tengah Covid ini ada ancaman yang harus kita waspadai seperti yang terjadi kemarin di Makassar (Gereja Kathedral) dan Mabes Polri. Sehingga harus kita lakukan sesuai prosedur,” tambahnya lagi.

Pola pengamanan yang akan dilakukan yakni selain pengamanan di tempat-tempat ibadah, personil TNI/Polri dan organisasi masyarakat juga akan melakukan patroli berskala besar. Mengingat aksi teroris yang terjadi belum lama ini sangat mengancam masyarakat lainnya.

Sebelum Pelaksanaan ibadah dilakukan Sterilisasi oleh personel Gegana Polri Dan Saat pengamanan di gereja nanti, personil juga akan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh barang bawaan oleh jemaat, guna mengantisipasi aksi yang tidak berperi kemanusiaan itu.

“Kita akan periksa barang bawaan jemaat, sebelum masuk di gereja. Ini antisapasi kita bagi seluruh umat beragama di Papua Barat,” ujar Kapolda.

4

Hal yang senada juga di sampaikan oleh Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI. I Nyoman Cantiasa. Dirinya lalu memberi apresiasi kepada seluruh personil TNI/Polri dan Ormas yang dengan antusias mengikuti apel gabungan dalam rangka pengamanan perayaan paskah tahun 2021 di Kabupaten Manokwari

Antusias ini menurutnya merupakan langkah konkrit dari seluruh elemen anak bangsa yang peduli terhadap keamanan bersama. Kendati demikian, personil juga harus menjaga kesehatan mengingat hingga kini wabah virus Corona belum kunjung usai.

“Ini bentuk yang luar biasa. Sinergitas semua lapisan masyarakat ikut memiliki rasa tanggung jawab terhadap ancaman di tengah kita,” tambah Pangdam XVIII/Kasuari.

“Ancaman Covid-19 yang saat ini kita berjibaku untuk meminimalisir penyebarannya. Ini keseriusan kami untuk amankan wilayah Papua Barat. Selain paskah, ada juga nanti puasa dan hari besar agama lainnya. Tolong jaga kesehatannya, jangan sampai ada yang sakit atau cluster baru. Yang penting adalah keamanan,” tutup Mayjen TNI. I Nyoman Cantiasa.

5

Pelaksanaan Apel Gabungan Ini dihadiri oleh Kapolda Papua Barat., Pangdam 18/Kasuari Papua Barat., Para Pju Polda Papua Barat., Para PJU Kodam 18/Kasuari., Kapolres Manokwari., Dandim 1801 Manokwari., Prajurit TNI/Polri Dan Organisasi Masyarakat (ORMAS)., Dalam Pelaksanaan Apel Berjalan Dengan Lancar dan Situasi Kondusif.

 

HUMAS POLRES MANOKWARI

VISI MISI PRESISI


LAPORAN SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PELAYANAN SKCK


Berita Polisi Terpopular

logo