Lompat ke isi utama
Polres Manokwari Gelar Pertemuan Tiga Pilar Polmas dan Kepala Kampung se Manokwari

Polres Manokwari Gelar Pertemuan Tiga Pilar Polmas dan Kepala Kampung se Manokwari

Kepolisian Resor Manokwari kembali mengumpulkan para Kepala Kampung se-Kabupaten Manokwari,  Jumat (23/3) pagi di Aula Polres Manokwari bersama Bhabinkamtibmas dan Para Bhabinsa, Polres Manokwari mencoba membangun Sinergitas dalam pengelolaan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat. 

Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, SIK. MH dalam arahannya mengatakan, kegiatan itu Fokus pada Dandes terkait atensi Kapolri dan kerjasama Kemendes dengan Kapolri. Sehingga, pengawasan Dana Desa oleh Bhabinkamtibmas harus dijalankan dengan maksimal.

"Saya tidak mau ada Kepala Kampung jadi tersangka Korupsi, Makanya saya tekankan agar Para Bhabinkamtibmas melakukan pengawasan dan pendampingan secara maksimal, Kalau ada anggota saya yang bekerja di luar prosedur, silahkan laporkan saya," ujar Kapolres sembari membagikan nomor ponsel pribadinya kepada para Kepala Kampung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Manokwari, Teguh B Prakoso, S.Hut., M.Si, mengatakan, dari tahun 2015 sampai hari ini, belum ada anggaran pengawasan terhadap penggunaan Dana Desa. Oleh sebab itu, pendamping Dana Desa yang sudah ditugaskan diminta agar dapat diterima oleh Kepala Kampung.

"Jadi KK, saya ingatkan pendamping itu digunakan, bukan diusir, mereka yang akan membantu hal itu," ujarnya.

Teguh juga meminta kepada Bhabinkamtibmas dan untuk ikut dalam musyawarah Kampung. Sehingga, yang menjadi aspirasi masyarakat itu dapat tertuang dengan melihat skala prioritas, bukan kepentingan aparat Kampung dan Kepala Kampung.

"Kasat binmas beberapa kali ke kampung, ada yang tidak pasang baliho APBK, ini tidak boleh terjadi, karena baliho itu wajib, sebagai Asas Transparansi," tuturnya.

Dia juga mengatakan, sudah ada surat edaran Kemendes terkait pembentukan sekretariat bersama.

"Tahun ini pencairan ada III tahap, beda dengan tahun sebelumnya yang II tahap. Kita sudah keluar Perbup tentang tata cara pengelolaan dana kampung.  Ini sudah disosialisaaikan dan harus dibaca oleh kepala Kampung," tandasnya.

Dalam pertemuan Tiga Pilar Polmas ini dipandu oleh kasat Binmas IPTU Subiyanto, SH yang disponsori oleh Organitation International and Migration yang dihadiri oleh Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, SIK. MH., Dir Binmas Polda PB KOMBES Harri Muhuharram Firmasysah, SIK., Ka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Manokwari Bapak Teguh B Prakoso, S.Hut., M.Si, Perwakilan dari Pemda, Para Kepala Kampung, Para Bhabinkamtibmas dan para Babinsa. 

Humas Polres Manokwari

Tambah komentar baru

Plain text

  • Tidak ada tag HTML yang diperbolehkan.
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

Berita Polisi Terpopular

logo