Lompat ke isi utama
1

Tim Pemantau Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM dari Kemenpan RB RI Kunjungi Polres Manokwari

Kepolisian Resor Manokwari, Tim Pemantauan Zona Integritas (ZI) menuju WBK dan WBBM Bapak Canggih H. Wicaksono dan Bapak S. Novan Kharisma dari Kemenpan RB RI melaksanakan pemantauan langsung di Polres Manokwari. Senin (12/11/18) pukul 09.00 Wit.

2

Mengawali Pemantauan, Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, SIK, MH memaparkan proses perjalanan pembangunan ZI dihadapan Ketua Tim yang dihadiri oleh  Para Kabag, para Kasat dan perwira serta para Operator masing-masing Satgas, Dalam paparannya, AKBP Adam Erwindi, SIK.MH menjelaskan tahapan-tahapan pembangunan ZI mulai dari pencanangan ZI, penandatanganan Pakta Integritas, pembentukan unit penggerak Integritas, Sosialisasi dan Kampanye Pembangunan ZI.

3

Selanjutnya, Kapolres memaparkan Komponen pengungkit dalam pembangunan ZI, yang terdiri dari manajemen perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan sistem Manajemen SDM, penguatan Akuntabilitas, penguatan pengawasan dan penguatan Kwalitas Pelayanan Publik, terkait komponen pengungkit manajemen perubahan, Kapolres Manokwari menguraikan keterlibatan pimpinan dan seluruh personil yang harus bekerja sama dalam pembangunan ZI secara berkelanjutan.

“Penetapan agen perubahan dan pengerak integritas, Reward, Punishment, Pola Pikir dan Budaya kerja yang melayani, penetapan standar opersional Prosedur Pelayanan Publik, pelayanan berbasis IT, keterbukaan Informasi Publik dalam bentuk ketersediaan akses informasi Publik di berbagai Media, Tranparansi dalam pembinaan personil dan penguatan akuntabilitas kinerja”, ujarnya.

4

Masih terkait Komponen pengungkit, Kapolres menambahkan langkah-langkah nyata dalam pengendalian gratifikasi, Whistleblowing System, Penanganan benturan kepentingan, Transparansi Akuntabilitas Penggunaan Anggaran, Sistem pengendalian internal dan pengawasan pelayanan publik baik secara langsung maupun berbasis IT dan kebijakan serta tindak lanjut Sistem Pengaduan dengan SMS Getwey.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Polres Manokwari  telah melakukan perbaikan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Publik yang dilengkapi dengan standar dan maklumat pelayanan ditiap-tiap ruangan Pelayanan Publik, informasi pelayanan publik di berbagai media, peningkatan kwalitas pelayanan dengan melengkapi Fasilitas Pendukung, Visi, Misi dan Motto pelayanan Publik dan Profile penyelenggara Pelayanan publik  dilakukan dengan cara merubah Budaya pelayanan dari Pasif menjadi lebih Proaktif. Pembangunan ZI meliputi Survei kepuasan masyarakat dan persepsi korupsi, tindak lanjut hasil pemeriksaan dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang diukur dari Respon baik dari Masyarakat melalui komentar di Medsos, Survei dan Lembar Saran.

5

Tak hanya itu, sederetan Inovasi yang telah dilakukan oleh Polres Manokwari beserta hasil yang telah dicapai yaitu pembenahan ruangan pelayanan SKCK terpadu yang didalamnya terdapat RCK dan Sidik Jari serta Ruangan Menyusui, Pembenahan ruang SPKT dan pembenahan pelayanan publik Penerbitan SIM serta pelayanan Masyarakat lainnya seperti Bhabinkamtibmas dari Polsek-polsek melakukan Inovasi kepada Masyarakat seperti program pendampingan Bhabinkamtibmas terhadap warga Binaan, antar jemput anak sekolah, program Bhabinkamtibmas mengajar di sekolah, bimbingan uji teori dan praktik SIM dan Perpustakaan keliling.

Di akhir paparannya, Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, SIK.MH mengharapkan masukan, bimbingan dan petunjuk dari Tim Pemantau ZI menuju WBK dan WBBM yang saat ini berada di Polres Manokwari, Kegiatan tersebut dilanjutkan pengecekan langsung oleh Tim di Ruang Pelayanan Publik yaitu Pelayanan SKCK, pelayanan SPKT dan Pelayanan SIM.

Humas Polres Manokwari

Tambah komentar baru

Plain text

  • Tidak ada tag HTML yang diperbolehkan.
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

Berita Polisi Terpopular

logo